Rabu, 21 November 2018

Souvenir Danau Toba

1 . Kopi Sidikalang
Agent Tour Medan
Kopi Sidikalang merupakan kopi kebanggaan masyarakat Sumatra Utara yang sudah termahsyur hingga ke luar negeri. Sidikalang adalah wilayah pegunungan yang memiliki tanah subur, suhu udara yang sejuk, dan curah hujan yang cukup, hingga dapat menghasilkan biji kopi dengan kualitas terbaik.
Kalau kamu pencinta kopi, pasti tahu perbedaan rasa antara kopi Sidikalang dengan kopi lainnya.  Rasanya yang enak dan unik, membuat kopi ini mampu bersaing dengan kopi Brazil yang merupakan salah satu kopi terbaik di dunia. Dari segi harga, kopi Sidikalang cukup terjangkau. Cara mendapatkannya pun mudah karena kopi ini sudah banyak dijual pasar tradisional, pasar swalayan hingga warung kopi.
2.Souvenir
DANAU TOBA SAmosir
souvenir di tempat tujuan wisata selalu dapat ditemukan dan umumnya sesuai dengan ciri khas budaya setempat.dan dari souvenir yang ada disuatu tempat wisata menjadi pembeda dengan objek wisata lainnya yang dapat dibeli oleh pengunjung yang akan kembali ke tempat asalnya,danau toba dengan berbagai objek wisata menarik bagi wisatawan lokal dan luar negeri juga memiliki berbagai hasil kerajinan masyarakat setempat yang dapat dijadikan souvenir untuk dibawa pulang.di beberapa tempat wisata di sekitar danau toba ada beberapa tempat yang banyak tersedia barang-barang souvenir yang dijual kepada pengunjung diantaranya parapat,tomok,ambarita,tuktuk.
souvenir tersebut merupakan hasil kerajinan masyarakat batak dengan ciri khas tersendiri yang tidak dapat ditemukan ditempat lainnya di indonesia,umumnya hasil kerajinan tersebut merupakan ciri khas batak dan ditambah ukiran gorga batak membuat souvenir tersebut semakin menarik untuk dijadikan oleh oleh untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan dari tanah batak danau toba.
beberapa hasil souvenir yang biasanya dibeli oleh pengunjung yang datang ke danau toba diantaranya ornamen rumah bolon yaitu rumah tradisional batak toba,tunggal panaluan,ukir nama,kalung,gelang,gantungan kunci,hasapi,sulim,dan selain itu tersedia juga beberapa hasil kerajinan lainnya berupa ulos,songket toba, sortali,tas dengan motif ulos,pakaian dengan motif gorga,dan masih banyak lagi dan semuanya dapat dipilih pengunjung sesuai dengan keinginan masing-masing dan umumnya harganya cukup terjangkau sesuai dengan tingkat kesulitan pembuatan kerajian tersebut.umumnya kios-kios penjual souvenir berbaris rapi dan lokasinya tertentu khusus untuk menjual berbagai hasil kerajinan dan souvenir.untuk di kota parapat lokasi penjualan souvenir berada di jalan haranggaol atau umumnya lokasi tersebut dikenal dengan nama siburak burak,selain itu juga terdapat di beberapa lokasi lainnya yang berada di tepi pantai umum parapat.kemudian untuk di tomok pulau samosir,lokasi penjualan souvenir berada di dekat pelabuhan dan lokasi makam raja sidabutar tomok,kemudian kalau di tuktuk berada di jalan lingkar tuktuk siadong dan di ambarita  berada di dekat lokasi batu kursi persidangan.pada saat hari-hari libur banyak pengunjung yang datang sekalian untuk belanja oleh-oleh,penjual kerajinan tersebut juga sangat ramah dan akan menjelaskan kepada pengunjung tentang bahan dan cara pembuatan kerajinan tersebut,pengunjung dapat memilih berbagai jenis souvenir yang diinginkan karena banyak kios-kios yang tersedia tentunya pengunjung akan lebih memilih harga yang paling murah.
3. Ukiran Rumah Adat Batak 
Danau Toba
Daya tarik lain dari Samosir adalah Rumah Adat Batak. Untuk mengenal lebih bagaimana rumah adat ini, datang saja ke Museum Batak Tomok.
Salah satu Rumah Adat Batak Toba yang bisa dinikmati wisatawan berada di Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Tepatnya rumah adat ini bisa dilihat di Museum Batak Tomok yang bentuk bangunan museumnya berupa Rumah Adat Batak Toba.
Salah satu pesona dari Pulau Samosir, pulau vulkanik yang berada di tengah Danau Toba adalah budaya yang masih terjaga dengan sangat baik. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya Rumah Adat Batak Toba yang berdiri di segala penjuru pulau.
Salah satu Rumah Adat Batak Toba yang bisa dinikmati wisatawan berada di Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Tepatnya rumah adat ini bisa dilihat di Museum Batak Tomok yang bentuk bangunan museumnya berupa Rumah Adat Batak Toba.
Rumah adat ini dibangun pada tahun 2005 yang lalu dengan konsep Rumah Bolon yaitu rumah tradisional Adat Batak Toba khusus untuk para raja dan keluarganya. Rumah adat ini menggunakan model bangunan tanpa kamar, bila ingin membuat sebuah ruangan, cukup disekat dengan menggunakan kain ulos saja.
Arsitekturnya sendiri sangat kental dengan budaya Batak Toba yang berupa rumah panggung yang dibangun dari material kayu dan disangga oleh beberapa tiang penyangga yang terbuat dari kayu. Di dindingnya juga terdapat ukiran-ukiran dan ormanen khas Batak yang dinamakan gorga.
Arsitektur rumah adat ini juga memiliki banyak arti filosofi, mulai dari tangganya yang berjumlah ganjil karena bagi orang Batak angka ganjil adalah angka keberuntungan. Lalu pintu masuknya yang rendah sehingga harus menunduk saat masuk ke dalam, ini diartikan bahwa seorang tamu harus menghargai pemiliki rumah. Kemudian atap rumah yang lebih tinggi di depan daripada di belakang juga memiliki makna bahwa seorang anak harus lebih baik dan lebih sukses dari kedua orang orang tuanya.
Ukiran-ukiran yang ada juga memiliki makna, seperti ukiran cicak yang diartikan bahwa orang batak harus bisa hidup dimana saja seperti cicak. Selain itu, masih banyak lagi makna filosofis yang bisa ditemukan dari sebuah rumah adat Batak Toba.
Asyiknya, selain kita bisa menikmati Rumah Adat Batak Toba yang penuh dengan makna filosofis, di sini kita juga bisa belajar sejarah Batak dari barang-barang koleksi Museum Batak Tomok yang ada di dalam rumah ini. Ibarat kata pepatah, sekali dayung dua tiga pulau terlampau.

4.Kacang Sihobuk
Agent Tour Travel Medan

Makanan ringan ini berasal dari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara. Kualitas kacang yang baik dengan cita rasa yang gurih dan lezat, mengantar popularitas Kacang Sihobuk ke seluruh negeri.
Kacang Sihobuk adalah kacang tanah yang dimasak dengan pasir (sangrai) dalam kuali besar hingga garing secara merata. Kalau kamu melintasi jalan lintas Sumatra di kawasan Silangkitang, kamu bisa menjumpai banyak kios penjual kacang ini berjejer di pinggir jalan. Tapi kini kamu tak perlu jauh-jauh mencarinya, karena kacang ini bisa kamu temui di berbagai gerai pusat oleh-oleh dalam berbagai varian kemasan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pakej Muslim Tour 3N 4D

  Pakej Muslim Medan-Berastagi-Danau Toba 4H3M Program Tour : Hari-1 : Airport - Via Siantar - Parapat Danau Toba (L.D) Setiba rombo...